Sunday, June 20, 2010

E-Commerce - Perkembangan, Teknologi, Manfaat , Kekurangan dan Masa Depannya

Definisi E-commerce
-Proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet. (Commerce net )
-Suatu jenis mekanisme bisnis elektronik dengan fokus pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran barang atau jasa baik antar instansi atau individu dengan instansi (Net-Ready)

Karakteristik Utama E-Commerce:
1. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
2. Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi
3. Internet merupakan mediium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

E-commerce terbagi atas dua segmen yaitu
-Business to business e- commerce (perdagangan antar pelaku usaha)
-Business to consumer e-commerce (perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen

Perkembangan E-Commerce
Di Indonesia, fenomena e-commerce ini dikenal sejak tahun 1996 dengan munculmya situs http:// www.sanur.com sebagai toko buku on-line pertama
Generasi 1:
Internet sebagai media promosi perusahaan melalui situs web atau brosur elektronis.
Generasi 2:
Pengguna telah dapat melakukan pemesanan produk melalui internet (aplikasi E-Commerce). Namun deal-nya tetap membutuhkan manusia sebagai decision maker.Contoh: Bhinneka.com
Generasi 3:
Layanan informasi yang terintegrasi, secara otomatis tanpa intervensi manusia. Content juga bersifat personalized sesuai keinginan pengguna.
Informasi diakses menggunakan bermacam media, misalnya seluler (handphone).

Peluang & Solusi
E-Commerce merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional.
Diperlukan upaya bersama untuk:
-Sosialisasi dan edukasi pasar E-Commerce Indonesia.
-Penyiapan infrastruktur fisik yang mendukung aplikasi E-Commerce.
-Penyiapan regulasi yang kondusif bagi E-Commerce.
-Peningkatan kualitas produk nasional agar dapat memenuhi standar internasional dalam menembus pasar global.

Alternatif Implementasi dan Teknologi E-Commerce
-Outsourcing (web developer)
-Pengembangan swadaya
Memanfaatkan Open Source Software khususnya untuk e-commerce
-Zen Cart (www.zen-cart.com),
-phpshop (www.phpshop.org)
-Virtue Mart ,Komponen Joomla. (www.virtuemart.net)
-Dan masih banyak lagi

Nilai Lebih E-Commerce

Jangkauan lebih luas (dunia). Tanpa batas-batas wilayah dan waktu.
-Penghematan sumber daya:
-Ruang untuk toko (fisik) dan SDM
-Availabilitas :Buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Tidak mengenal hari libur, dan hari besar
-Skalabilitas:Dapat diperluas atau diperbanyak item barang tanpa batasan.
-No Tax ??(belum jelas regulasi mengenai pajak )
-Konsumen memperoleh informasi yang beragam dan mendetail.
-Melalui internet konsumen dapat memperoleh aneka informasi barang dan jasa dari berbagai toko dalam berbagai variasi merek lengkap dengan spesifikasi harga, cara pembayaran, cara pengiriman
-Disintermediation adalah proses meniadakan calo dan pedagang perantara.
Kelemahan E-Commerce
-Isu security
-Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
-Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
-Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
-No cash payment.
-Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
-Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.

22 comments:

  1. Blog yang menarik, mengingat e-commerce dan kejahatan maya yang sedang marak belakangan ini.
    Selain itu, saya juga ingin menambahkan perbedaan e-business dengan e-commerce.
    dimana e-business adalah penggunaan internet dan teknologi jaringan dan informasi lain untuk membantu proses e-commerce, kolaborai dan komunikasi perusahaan, serta perusahaan lain yang berbasis web. sementara, ecommerce adalah penggunaan jaringan internet untuk berpromosi dan bertransaksi dengan konsumen. dengan kata lain e-business memiliki scope atau jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan e-commerce.

    ReplyDelete
  2. e-commerce merupakan bagian dari e-businees yang penggunannya sedang berkembang pesat saat ini, info yang anda berikan membantu memahami peran dan dampak e-commerce. terima kasih

    ReplyDelete
  3. perkembangan e-commerce memang luar biasa, dengan e-commerce meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahan dalam melakukan promosi produknya.

    ReplyDelete
  4. kita mesti waspada dengan kejahatan dunia maya...
    kita mesti memikirkan dampak perkembangan e-commerce dimasa yg akan datang

    ReplyDelete
  5. alternatif implementasi dan teknologi E-Commerce salah satunya adalah outsoaurcing (web developer)
    dengan memilih alternatif tersebut bagaimana keamanan data bisa terjamin. Sehingga perlu dipikirakan langkag dan strategi pengamanannya, meningat kejahatan di dunia maya makin marak saat ini

    ReplyDelete
  6. e-commerce, competitive advantage for business, data security perlu diperhatikan juga demi business going concern

    ReplyDelete
  7. e-commerce, merupakan terobosan dlm suatu bisnis sehingga dapat meningkatkan daya saing di tengah persaingan yg ketat utk meraih pangsa pasar (market-share) yang hrs diupayakan oleh setiap perusahaan. Info tsb dapat membantu. tks.

    ReplyDelete
  8. pada tulisan saudara memberikan solusi Alternatif Implementasi dan Teknologi E-Commerce yaitu melalui outsourcing. outsourcing memang dapat menjadi salah satu alternatif, namun yang perlu diketahui bahwa sistem outsourcing ini juga tidak sedikit yang mengalami kegagalan. jadi bila ini menjadi pilihan seyogyanya dilakukan dengan hati-hati dan benar-benar dipahami keunggulan dan kelemahan dari sistem outsourcing tersebut

    ReplyDelete
  9. Outsourcing IT dalam era persaingan bisnis yang semakin global ini memang mempunyai peran penting dalam meningkatkan daya saing perusahaan tanpa meninggalkan core competency nya. Namun banyak pula pengalaman tentang kegagalan penggunaan pola outsourcing dalam pengadaan IT. Oleh karenanya pelaksanaan outsourcing IT tetap mengadopsi beberapa best practises dan IT Compliance.

    ReplyDelete
  10. Outsourcing IT dalam era persaingan bisnis yang semakin global ini memang mempunyai peran penting dalam meningkatkan daya saing perusahaan tanpa meninggalkan core competency nya. Namun banyak pula pengalaman tentang kegagalan penggunaan pola outsourcing dalam pengadaan IT. Oleh karenanya pelaksanaan outsourcing IT tetap mengadopsi beberapa best practises dan IT Compliance.

    ReplyDelete
  11. Menjalankan bisnis melalui e-commerce merupakan solusi nyata untuk menembus jaringan global dengan sangat efektif dan efisien. Pemanfaatan outsourcing untuk membangun business e-commerce merupakan alternatif bagi pengusaha yang awam dalam SI, namun pemilihan outsourcing juga perlu dipertimbangkan dalam hal keamanan informasi yang di miliki perusahaan.

    ReplyDelete
  12. Bisnis melalui e-commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan efektifitas waktu. Disinilah peranan IT untuk menjembatani bisnis tersebut sehingga diperlukan outsourcing IT yang wajib di seleksi sehingga konsep prudensial pada bisnis terpenuhi.

    ReplyDelete
  13. Outsourcing dalam pemanfaataqn TI diharapkan daoar memberikan perubahan dalam pengembangan sistem informasi organisasi secara menyeluruh

    ReplyDelete
  14. perkembangan e-commerce saat ini sangat baik, pembuatan soft ware yang mendukung e-commerce dapat dilakukan oleh outsourcing

    ReplyDelete
  15. Salah satu metode perancangan e-commerce adalah dengan outsourcing. Tapi perlu diperhatikan manakah informasi yang berhak untuk diexpose dan manakah yang hanya diketahui oleh internal perusahaan. Kegagalan mungkin terjadi karena tidak adanya pembeda data yang baik untuk diexpose atau yang hanya internal perusahaan tahu.

    ReplyDelete
  16. trimakasih wacana dan info e commerce nya, bagaimana pelaku usaha di Indonesia mensikapi perkembangan positif dari e commerce ? dan bagaimana peringkat globalnya ?

    ReplyDelete
  17. artikel yang bagus, jadi makin paham tentang perkembangan e commerce. mohon ijin sebagai bahan referensi saya untuk tugas akhir SIM ya...

    ReplyDelete
  18. Kadang dalam pengembangan e-commerce, kita akan menemui seseorang berprofesi sebagai "web master" apakah profesi tersebut juga tergolong sebagai outsourcing

    ReplyDelete
  19. Dalam membangun suatu bisnis, tentu perusahaan selalu berupaya meningkatkan performanya. Salah satu jalannya adalah dengan menerapkan E-Commerce melalui outsorcing.

    ReplyDelete
  20. pemilihan outsourcing yang tepat bisa membantu tercapainya tujuan perusahaan dan bahkan dapat memberikan value lebih bagi perusahaan

    ReplyDelete
  21. perkembangan ecommerce saat ini sangat pesat, dengan outsourcing software yang mendukung ecommerce dapat dibuat.

    ReplyDelete
  22. IT outsourcing sebagai bagian dari perkembangan e-commerce memang dapat menjadi solusi bagi organisasi yang tidak memiliki kompetensi yang memadai di bidang IT. IMHO organisasi perlu dengan cermat merumuskan lingkup outsource tsb, karena bisa jadi outsource malah mengurangi efisiensi organisasi jika salah menentukan lingkup kerjanya. thanks

    ReplyDelete