Saturday, June 19, 2010

Perspektif dan PerkembanganE-Commerce

Istilahe-business berkaitan erat dengane-commerce. Bagi sebagian kalangan, istilahe-commerce diartikan secara sempit sebagai transaksi jual beli produk, jasa dan informasi antar mitra bisnis lewat jaringan komputer, termasuk internet. Sedangkane-business mengacu pada lingkup yang lebih luas dan mencakup pula layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, dan transaksi elektronik internal dalam sebuah organisasi
Meskipun demikian, istilahe-commerce sebenarnya dapat di
definisikan berdasar 5 perspektif (Phan, 1998; lihat Tabel 2): (1)on- line

purchasing perspective; (2) digital communications perspective; (3) service perspective; (4) business process perspective; dan (5) market- of-one perspective. Dengan demikian, pada hakikatnya dalam lingkup
yang luase-commerce bisa dikatakan ekuivalen atau sama dengane-
business (Turban, et al., 2000).

No comments:

Post a Comment